Laman

Sabtu, 14 Februari 2015

Peluang Bisnis Kuliner

    
Peluang bisnis kuliner masih sangat menjanjikan untuk diilakukan di Indonesia. Ada banyak sekali alasan kenapa bisnis kuliner termasuk pilihan usaha yang menjanjikan.Salah satunya adalah karena setiap manusia sudah pasti membutuhkan makanan dan minuman. malah makanan dan minuman termasuk kedalam salah satu kebutuhna pokok yang nharus dipenuhi oleh semua manusia.Alasan lain kenapa aku bilang kalau bisnis kuliner merupakan bisnis y
ang sangat menjanjikan adalah karena Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan jenis makanan. coba dihitung ada berapa jumlah pulau besar yang ada di Indonesiia,dan disetiap pulau ada berapa provinsi,disetiap provinsi ada berapa kota.Kalau misal dalam 1 kota mempunyaai 1 makanan khas kota tersebut,maka berapa jumlah total kuliner khas dari Indonesia? Padahal,ada beberapa kota yang mempunyai lebih dari 1 jenis makanan khas daerah tersebut.

Lalu apa hubunganya jumlah jenis makanan khas nusantara dengan peluang usaha kuliner? Sudah tentu saja ada hubunganya. Kita bisa memanfaatkan keragaman kuliner nusantara untuk meraih omset besar. Apalagi kalau kita pintar dalam membuat sebuah pembeda,tanpa harus merusak ciri dari kuliner tersebut.Katakanlah makanan khas kota pelajar Jogjakarta. Siapa sih yang tidak kenal sama gudeg? Saking dikenalnya,untuk memanjakan lidah para penikmat gudeg,sekarang sudah kita jumpai gudeg kemasan kaleng.Dengan gudeg kemasan kaleng ini,penikmat gudeg yang ada di luar Jogja bisa menikmati gudeg dari kota asalnya secara langsung. Tidak hanya gudeg saja,contoh kuliner khas daerah yang lain adalah cireng. Sebuah makanan khas asli jawa barat ini juga sudah lama beredar dengan kemasan dan nama yang beda beda,dari cireng rujak,cireng salju,cireng bapake,dan lain lain. Hal ini sudah sangat cukup membuktikan kalau peluang bisnis kulier sangatlah besar.Baik itu kukliner khas nusantara,atau jenis kuliner yang lainya.

Beberapa contoh yang lain bisa kita lihat dengan keberhasilanya para pengusaha kuliner Indonesia seperti Rangga Umara yang berhasil menerbangkan Lele Indonesia sampai ke negara tetangga, Malaysia.Pecel lele di Indonesia sudah sangat tidak asing lagi,khususnya bagi para mahasiswa yang berkuliah di luar kota. Hampir di setiap kota sudah ada beguitu banyak warung lesehan pecel lele,makanan tradisional yang sangat merakyat ini,ketika ditambah sedikit kreasi oleh Rangga Umara,justru berhasil mendatangkan omset puluhan juta rupiah.Lain Rangga Umara lain lagi dengan Joko Darmono. Mantan pengusaha kontraktor yang akhirnya memutuskan untuk sukses dengan usaha nasi kucing. Berbekal keahlianya dalam memasak,hanya dengan modal sekitar 400 ribu rupiah,Joko Darmono memutuskan untuk mencoba peruntunganya menekuni bisnis kuliner diisaat usaha kontraktornya mengalami pailit.

Dari beberapa contoh diatas saja sudah bisa membuktikan kalau usaha kuliner adalah salah satu usaha yang memang sangat menguntungkan kalau kita lakukan dengan baik.Selain itu juga bisa kita lakukan dengan modal awal yang relativ kecil.Intinya ketika kita ingin menjalankan suatu usaha, kita harus mempunyai niat yang kuat dan harus bisa memberi pembeda dari yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar