Laman

Kamis, 16 April 2015

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Mahasiswa adalah sebuah istilah untun orang orang yang sedang menjalani pendidikan tingkat atas, bisa dibilang tingkat tertinggi dalam instusi pendidikan. Sesuai dengan istilahnya, mahasiswa terdiri dari 2 kata, yaitu maha dan siswa, maha (bisa diartikan) besar, dan siswa adalah orang yang menempuh sebuah jenjang pendidikan. Dan kalau mau membahas mahasiswa akan banyak sekali yang bisa kita bahas. misalnya, pendidikan, aktivis,belajar, tugas,bisnis dan lain sebagainya (yang masih ada hubunganya dengan mahasiswa).


Dan yang akan kita bahas pada kali ini adalah mengenai  peluang bisnis untuk mahasiswa. Kenapa aku ingin bahas mengenai bisnis untuk mahasiswa ? karena memang ada begitu banyak mahasiswa yang selain menuntut ilmu di universitas tempat mereka mendapatkan pelajaran,juga melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Mayoritas mahasiswa yang ada di Indonesia adalah mahasiswa rantau. Hal itu disebabkan salah satunya karena universitas yang mereka idam idamkan ada di kota tertentu,di luar kota tempat tinggal mereka. hal itu kadang menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa rantau. Bagaimana caranya mereka bisa menyelesaikan pendidikan mereka tanpa harus terlalu membebani orang tua.

lalu kira kira apa saja yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa rantau untuk meringankan orang tua mereka dalam bidang ekonomi? berikut aku akan coba sebutkan beberapa hal yang sering dipilih oleh mahasiwa untuk mencari tambahan uang guna mencukupi kebutuhan sehari hari selama menempuh pendidikan di kota orang.


1. Jasa penulisan
Jenis usaha ini adalah salah satu usaha yang kerap dipilih oleh mahasiswa sebagai usaha sampingan. Kenapa mereka memilih usaha ini? selain karena tidak membutuhkan modal uang sama sekali,orang yang membutuhkan jasa penulisan sangatlah luar biasa. Mulai dari sesama mahasiswa yang kurang bisa menulis dengan baik,mahasiswa yang kurang rajin dan cenderung malas untuk mengetik tugas,skripsi,atau laporan tugas akhir,dosen yang harus membuat suatu materi namun disibukan dengan urusan yang lain sehingga tidak sempat untuk mengetiknya sendiri,dan lain sebagainya. Jasa penulisan juga lebih disukai oleh mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan karena selain bisa menghasilkan uang, mereka bisa sekalian belajar sesuatu yang baru. karena mau tidak mau saat menulis,dia juga akan membaca, dan apapun yang dia baca akan bisa menjadi sumber ilmu atau sumber pengetahuan baru buat mereka.
2. Niaga (jual beli)
sekarang dengan adanya begitu banyak pilihan media sosial,dimanfaatkan oleh beberapa mahasiswa untuk mulai berbisnis dalam bentuk jual beli. untuk productnya sangatlah berfariasi,mulai dari fashion,aksesoris,kuliner,dan lain sebagainya. Mereka susdah mempelajari terlebih dahulu mengenai kemudahaan dan keuntungan ketika menjual product yang mereka pilih. Tentu saja karena mereka juga mempunyai kewajiban pokok sebagai mahasiswa (belajar),mereka memlikih bisnis yang tidak begitu memakan waktu. Seperti informasi yang aku dapet dari sebuah web tentang usaha kuliner http://peluangusahakulinerterbaru . Ternyata ada begitu banyak pilihan dan strategi yang bisa dipilih oleh mahassiswa untuk menjalankan bisnis kuliner . Dan salah satu product kuliner yang banyak dipilih oleh mahasiswa adalah kuliner tradisional dari jawa barat yang bernama cireng. Ada salah satu brand cireng yang menjadi idola bagi para mahasiswa untuk dijadikan usaha samppingan, brand tersebut adalah cireng salju. Kepopuleran cireng salju semakin heboh ketika net TV meliput usaha mereka. Dan luar biasanya, per bulan cireng salju bisa mendatangkan omset sampai Rp.400.000.000 dalam 1 bulan (owner), dan puluhan juta rupiah perbulan bagi distributor.
3. Jasa bimbingan belajar
jasa bimbingan belajar juga menjadi salah satu favorit mahasiswa dalam memilih bisnis sampingan mereka. terutama bagi mahasiswa yang berprestasi. Terlebih dengan semakin maraknya home schooling . jenis usaha ini juga bisa mendatangkan penghasilan yang luar biasa. Siapa yang menjadi target para mahasiswa yang memilih bisnis sampingan jenis ini? tentu saja mulai dari anak TK, sampai mahasiswa junior mereka.
sebenarnya sih masih banyak sekali beberapa peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa,tapi ga mungkin banget aku sebutin satu satu disini.hehehe
oke berhubung dah capek nulisnya, aku udahin aja ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen temen mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar