Laman

Sabtu, 16 Mei 2015

Lulus Kuliah, Ngelamar Kerja atau Wirausaha?


Lulus Kuliah, Ngelamar Kerja atau Wirausaha? Buat kebanyakan orang yang hampir lulus kuliah mungkin akan mengalami kebingungan yang sama dengan pertanyaan itu. Bingung mau ngelamar kerja atau berwirausaha. Secara orientasi, kedua hal itu (melamar kerja dan menjadi wirausaha) adalah sama, yaitu ber orientasikan kepada jaminan masa depan,
dengan mempunyai income yang besar. Dengan melamar pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita, kita bisa mendapatkan gaji dari tempat kita bekerja. Dan begitu juga dengan berwirausaha, kita bisa meng gaji diri kira sendiri dan orang lain yang bekerja dengan kita.lalu mau pilih mana? Sebaiknya kita memilih yang mana?
Antara kerja dan wirausaha,masing masing mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing. Dengan bekerja kita bisa mendapat kepastian berapa rupiah yang akan kita terima dalam tiap bulanya,tapi kita tidak bisa se bebas ketika melakukan wirausaha. Dan dengan ber wirausaha,kita tidak bisa mendapat kepastian berapa income kita tiap bulanya,bisa sedikit,bisa banyak,bisa banyak sekali,atau justru bisa bangkrut.Tapi dengan berwirausaha,kita bisa lebih bebas menjalankanya.Tanpa ada tekanan dari atasan,tidak harus pake seragam,tidak harus absen tiap hari,tidak harus menunggu persetujuan cuti dan lain sebagainya.
Dan kalau kamu bingung mau milih yang mana antara bekerja atau berwirausaha,cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut :
1. apakah kamu memiliki suatu kelebihan yang bisa kamu manfaatkan sebagai modal usaha?
 ketika kamu memiliki sebuah skill yang bisa kamu jual, mungkin kamu bisa memanfaatkan skill mu itu untuk mencari income dengan berwirausaha dibidang itu.
2. Apakah kamu sudah pintar memanage diri sendiri?
kalau belum,sebaiknya kamu mencari info lowongan kerja daripada mencari peluang usaha untuk mahasiswa
3. Apakah kamu type orang yang suka akan tantangan? kalau iya,kamu cocok untuk menjalankan wirausaha.
4.apakah kamu type orang yang mau untuk selalu belajar? kalau iya, kamu juga cocok untuk menjalankan wirausaha.begitu juga sebaliknya.

Seperti yang sudah aku jelaskan diatas,kalau sebenarnya mencari lowongan kerja dengan mencari peluang usaha itu hampir sama. Seperti yang pernah aku baca di sebuah halaman website. Di halaman website itu tertera judul lowongan kerja kebumen,akan tetapi isi dari artikel itu justru menawarkan kesempatan mencari income dengan berwirausaha.
jadi intinya,ga usah bingung mau usaha apa mau kerja. Sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan serta karakteristik kamu sendiri. Kira kira kamu lebih cocok yang mana,kerja atau usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar