Laman

Kamis, 21 Mei 2015

Peluang usaha untuk mahasiswa


Berbicara mengenai peluang usaha untuk mahasiswa, tentunya akan menjadi sangat menarik kalau menurutku. Kenapa? karena akan ada banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mencari usaha sampingan guna mencukupi kebutuhan sehari hari selama menjadi mahasiswa. Banyak tantangan ketika kita menjadi seorang mahasiswa.
Salah satu diantaranya adalah mau menjadi apa setelah berhasil memperoleh gelar yang telah mati matian diperjuangkan selama kuliah.
Banyak sekali orang yang menempuh pendidikan tingkat tinggi (kuliah)hanya untuk menjaga gengsi diri sendiri,atau gengsi keluarga. Mereka melanjutkan pendidikan tidak berdasarkan perhitungan yang cukup matang. Misalnya memperhitungkan mau ambil jurusan apa untuk bisa bekerja di bidang tertentu,atau memperhitungkan harus belajar berapa lama dalam sehari agar bisa lulus tepat waktu.dan perhitungan perhitungan yang lainya. Mungkin karena faktor itulah pada akhirnya banyak sekali sarjana yang belum mendapat pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dia pelajari semasa kuliah,atau para sarjana yang masih berkutat di mencari lowongan kerja.
Lalu apa kaitanya semua itu dengan peluang usaha untuk mahasiswa? Tentu saja ada. Ketika sejak kuliah kita sudah mau mulai untuk berwirausaha,ketika kita sudah berhasil menjadi sarjana,dan merasa tidak sanggup untuk bersaing dengan sarjana sarjana lainya, maka kita sudah mempunyai modal penting untuk menjalankan suatu usaha sendiri (wirausaha), yaitu pengalaman. Selain pengalaman berwirausaha,kita juga akan mendapatkan beberapa kemudahaan ketika kita ingin memilih untuk berwirausaha ketika sudah lulus kuliah, yaitu berupa link (chanel) yang akan sangat beguna bagi bisnis kita.
lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk belajar mengurus sebuah wirausaha? atau belajar mencukupi kebutuhan sehari hari nya sendiri? Beberapa contoh yang bisa menjadi peluang usaha buat mahasiswa antara lain :
  1. Jasa penulisan content : jenis pekerjaan sampingan ini adalah salah satu jasa yang sering dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mencari tambahan penghasilan. Dan kalau menurutkku,jasa ini akan sangat menjadi recomended sekali. kenapa?karena selain kita bisa mendapatkan tambahan rupiah,pengetahuan kita juga akan bisa bertambah. 
  2. membuka bimbel untuk TK,SD,SMP,SMA : di jaman modern seperti sekarang ini, sudah tidak asing sekali dengan istilah home schooling, hal ini bisa dimafaatkan untuk mahasiswa mencari tambahan penghasilan untuk menjadi mentor atau pengajar di suat bidang yang dikuasai.
  3. Usaha menjual kebutuhan mahasiswa : Katakanlah pulsa, ketika ada teman kita menjual kebutuhan sehari hari kita, kemungkinan besar mereka akan lebih memilih untuk membeli di orang yang sudah dia kenal.
  4. Usaha dibidang kuliner :  yaitu dengan menjadi reseller sebuah brand kuliner yang sedang booming, rekomendasi saat ini adalah cireng salju (buka website mereka di http://cirengsalju.com)
  5. dan masih banyak yang lainya.
Kesimpulanya adalah, yang namanya wirausaha haruslah mulai di fikirkan sejak dini. Ketika kita sudah lebih mengenal dunia wirausaha dengan lebih matang,maka ketika kita sudah lulus,sudah mendapat gelar yang selama kuliah kita perjuangkan,kita akan masih bisa menjaga gengsi kita,dan keluarga dengan membuat sebuah usaha sendiri.
website lain sebagai bahan acuan ku menulis ini adalah : http://wp.me/p5sRSL-5Y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar