Laman

Jumat, 23 Januari 2015

Mengenal Dunia Bisnis

Bisnis atau wirausaha adalah salah satu hal yang diminati oleh banyak orang. Apalagi bisnis yang tidak ribet,modal kecil dan menghasislkan. Begitu banyak bisnis yang ada dan bisa kita jalankan.Begitu banyak contoh pengusaha sukses yang ada di Indonesia. kira kira apa saja ya faktor yang membuat mereka bisa sukses?

Salah satu faktor yang bisa membuat mereka sukses adalah faktor pintar membaca peluang usaha. Banyak pengusaha bakso yang sukses,sampai punya cabang dimana mana, akan tetapi banyak juga pengusaha bakso yang gulung tikar sebelum menikmati masa sukses nya. Padahal sama sama jualan bakso,mungkin juga dengan menggunakan resep yang sama karena sama sama dari 1 brand waralaba. Tapi kok nasibnya berbeda ya? Hal itu terjadi karena salah satu pengusaha bakso yang tidak sukses itu kurang pintar membaca peluang usaha dagang bakso. Menu boleh sama,resep bisa serupa,tapi nasib tidak ditentukan oleh resep. Katakanlah pengusaha bakso yang sukses itu membuka usaha bakso di kota yang belum banyak pesaing (pengusaha bakso lain),dan pengusaha yang gagal itu salah memilih tempat,dia membuka usaha bakso di kota yang sudah banyak sekali pengusaha bakso di situ dan dia kalah dalam mungkin marketing,promo,dan lain sebagainya.
Dari contoh kasus pedagang bakso diatas sudah bisa kita tarik satu kesimpulan kalau sebelum memulai bisnis kita harus bisa dan pintar membaca peluang. Dan yang masuk ke dalam kategori peluang usaha itu tidak hanya terbatas pada lokasi bisnis. Selain tempat yang bagus,peluang usaha juga ditentukan oleh jenis usaha,seberapa kuat persaingan,sasaran market,dan lain lain.
kalau faktor tempat sudah kita bahas,sekarang mari kita bahas mengenai market. Di Bali mungkin akan bagus kalau kita membuka usaha caffe dengan konsep western. Pesta pantai,dan lain sebagainya. karena disana jumlah wisatawan asing selalu banyak,tetapi kalau kita bikin acara serupa di kota lain,belum tentu seramai di Bali. (wisatawan asing = market pesta pantai). Contoh lain, ketika seorang pedagang rica rica daging anjing di bali mampu mendapat omset jutaan rupiah per hari,maka dia tidak akan bisa sukses kalau membuka cabang di jawa. (bali mayoritas non muslim,dan jawa mayoritas muslim.dan daging anjing mayoritas penikmatnya adalah non muslim).
Sudah maksud to dengan beberapa contoh yang udah aku contohkan? maaf kalo bahasaku terlalu susah buat dipahami :D .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar